Kamis, 05 Juni 2014

TUGAS Ekonomi Perusahaan

Universitas      : Andi Djemma Palopo
Fakultas           : Pertanian
Jurusan            : Agribisnis
Mata kuliah     : Ekonomi Perusahaan
Nama Dosen   : Intisari , SP , M Si
Perusahaan restoran aneka rasa

Untuk saat ini saya memiliki sebuah usaha di bidang kuliner yaitu restoran aneka rasa.saya adalah sebagai pemilik sekaligus menejer di restoran ini,dimana saya harus mengatu,memikirkan rancangan-rancangan kedpan,mengambil keputusan untuk mempertahankan dan meningkatkan agar usaha saya dapat berjalan dan berkembang lebih maju.
Karna kecintaan saya di bidang kuliner hingga menimbulkan niat untuk ingin berbisnis di bidang ini.pada tahun 2007 atau sekitar 5 tahun yang lalu saya mendirikanm sebuah restoran aneka rasa ini di masamba,awalnya hamya coba-coba dan hanya sebuah runmah makan kecil-kecilan dan hanya di bantu 5 pegawai saya.
Pada saat itu adalah beberapa kendala yang saya alami,yang pertama adalah modal, selain modal pengalaman dalam berbisnis juga sangat mempengaruhi kemajuan bisnis usaha rumah makan saya.Selain itu kurangnya penciptaaan masakan-masakan yang baru sangat terbatas di tambah persaingan rumah makan pada waktu cukup sanga pesat.Kurangnya modal saya pada saat itu,sehingga membuat saya cukup kesulitan untuk mengembangkan bisnis yang hingga pertengahan tahun 2009 saya mendapatkan bantuan modal dari keluarga saya yang lebih dulu sukses sebagai pengusaha jasa pengiriman barang baik darat,laut maupun udara.
Langkah awal saya selaku pemilik sekaligus manajer yang saya lalui pada saat mendapatkan modal,modal itu saya gunakan untuk menambah dan  memperbesar bangunan tempat usaha saya agar pelanggan tertarik untuk singgah makan dan memberikan kesan yang nyaman dan bersih.Selain itu saya juga memperkerjakan chef yang handal dalam kuliner dan pandai dalam menciptakan menu-menu masakan yang sesuai dengan gaya hidup sehat masa kini.
Setelah saya memiliki chef yang handal dan bangunan yang cukup luas di banding bangunan pertama yang dulunya hanya warung makan biasa kini  barubah menjadi bangunan yang memiliki 2 lantai.Lantai atas saya gunakan untuk tempat rumah bernyanyi karena saya berpikir orang butuh tempat untuk menghibur diri dari aktivitas dan kesibukan sehari-hari sekaligus untuk menarik para pengunjung yang lagi menunggu pesanannya bisa bersantai dulu sambil bernyanyi,Dan untuk saya sendiri sebagai pemasukan sampingan.
Kini usaha saya cukup berkembang, pelanggan dari hari ke hari makin bertambah dan omset yang saya dapat cukup besar.Selain itu keseluruhan pegawai saya bertambah ada sekitar 15 orang yang dulunya hanya sekitar 5 orang,saya juga memperkerjakan satu sekuriti untuk membantu menjaga keamanan restoran saya,sihingga saya dan para pelangan merasa aman dan nyaman dalam menikmati hidangan restoran saya.
Setelah usaha saya saat ini berkembang cukup pesat saya masih mimiliki keinginan yang belum terpenuhi,keinginan saya itu adalah ingin membangun lahan perkebunan sayur dan buah tersendiri untuk membantu pasokan sayur dan buah yang segar ke restoran saya.

Demikianlah perjalanan hidup saya sebagai seorang manejer sekaligus pemilik usaha restoran Aneka Rasa semoga restoran saya dari hari ke hari semakin maju dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar