Kamis, 05 Juni 2014

PERJALANAN HIDUP SEORANG MANAJER RUMAH MAKAN ’’APA SAJA’


 






PERJALANAN HIDUP SEORANG MANAJER RUMAH MAKAN
’’APA SAJA’’

Saya adalah seorang manajer sekaligus pemilik usaha pada sebuah usaha rumah makan APA SAJA yang berada di jalan Buntu desa Sesat kecamatan Hilang.Karena saya adalah manajer pada rumah makan tersebut, maka seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kemajuan rumah makan tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab saya mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian semua kegiatan sehingga tujuan dibangunnya usaha rumah makan bisa tercapai.
Sebagai seorang manajer maka sifat-sifat kepemimpinan saya harus tonjolkan agar para karayawan dan bawahan saya selalu tunduk dan mau melaksanakan perintah saya dengan perasaan nyaman. Dengan kecakapan dan kemampuan saya dalam memimpin usaha rumah makan tersebut serta perilaku yang baik terhadap setiap karyawan yang ada maka semua karyawan senang pada saya. Tidak ada karyawan yang takut tapi mereka menyegani saya sebagai seorang pemimpin.
Pengambilan keputusan, perencanaan, Pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, penilaian, dan pelaporan adalah merupakan tugas utama yaqng harus saya lakukan dan merupakan siklus yang berulang-ulang mulai dari pengambilan keputusan sampai menerima laporan, tugas ini dinamakan managerial cyle.  Selain sebagai managerial cyle, motivasi terhadap karyawan juga saya lakukan untuk mendorong para karyawan agar bekerja giat dan bersungguh-sungguh, pembinaan juga perlu agar tercipta suasan kerja yang baik dan harmonis.
Saya juga selalu berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan para karyawan saya supaya loyalitas dan partisipasinya meningkat. Selain itu rasa kepuasan dalam pekerjaannya harus didapatkan oleh semua karyawan sehingga mereka bersedia memikul tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Pembinaan terhadap karyawan selalu saya lakukan juga sehingga mereka selalu bekerja secara efektif dan efesien.
Selain membina hubungan yang harmonis terhadap karyawan, saya juga selalu membina hubungan  yang harmonis dengan pihak-pihak luar.selain itu keselamatan kerja para karyawan selama melakukan pekerjaan harus diperhatikan dan dipertanggungjawabkan. Selanjutnya saya juga melakukan  pembagian tugas / pekerjaan dan mengkoordinasi tugas-tugas tersebut supaya terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan. Dan terakhir tugas yang saya lakukan adalah menjadi penaqnggung jawab terakhir mengenai hasil yang dicapai dari proses manajemen itu.
Rumah makan yang saya kelolah ini pada awalnya hanyalah rumah makan yang menjual makanan biasa seperti bakso,mie siram dan soto,tapi seiring berjalannya waktu rumah makan tersebut berubah menjadi rumah makan yang bertaraf nasional yang memiliki menu masakan bermacam-macam dan memiliki cita rasa yang tinggi.Hingga saat ini rumah makan yang saya kelola tersebut bukan hanya di minati oleh para pengunjung daerah tetapi juga di minati oleh para peminat kuliner dari manca negara.
Sebagai Seorang manejer saya juga harus bisa mendesain strategi marketing perusahaan yang up to date. Hal ini sangat penting dan merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak. Ingat selera konsumen dari waktu ke waktu akan selalu berubah dan tidak ada yang pernah bisa memprediksinya. Hal yang harus dilakukan adalah mengadakan survei pasar secara rutin dan me-review strategi marketing perusahaan secara berkala. Karena hanya dengan langkah tersebut kita bisa merancang strategi marketing yang tepat untuk terus eksis di bidang bisnis rumah makan
Selain itu saya juga harus memahami masalah keuangan di dalam perusahaan dengan baik tentang pengeluaran dan pemasukan di dalam perusahaan sehingga saya bisa merencanakan apa yang harus saya perbuat di dalam perusahaan jika terjadi pemasukan dan pengeluaran yang tidak baik
Kini rumah makan APA SAJA memiliki outlet di seluruh kota di privinsi sulawesi selatan sebanyak 18 rumah makan dan memiliki jumlah karyawan sebanyak 400 orang yang sebagian dari mereka hanya lulusan dari SLTP.
Karna semakin bertambahnya rumah makan saya maka beban yang saya pikul semakin besar.maka di setiap outlet yang saya miliki sekarang saya percayakan 1 orang sebagai kordinator dalam menjalankan rumah makan tersebut di mana rumah makan tersebut berada.
Setelah apa yang telah saya dapatkan sekarang,tidak membuat saya merasa cepat puas,masih ada keinginan saya yang belum terpenuhi yaitu membuka rumah makan di seluruh indonesia dan rumah makan saya bisa go internasional dan merajai rumah makan di seluruh dunia.

Demikianlah perjalanan hidup saya sebagai seorang menejer sekaligus pemilik rumah makan APA SAJA semoga apa yang telah saya bangun dan sukses seperti sekarang ini bisa menjadi rumah makan yang bisa di kenal di seluruh dunia dan mengharumkan nama Indonesia di kanca internasional dalam bidang kuliner.Amin....

1 komentar:

  1. Las Vegas' first live casino, Wynn's first - Dr.MCD
    In 2017, Wynn 강원도 출장안마 Resorts 영주 출장안마 announced that it would 당진 출장샵 open the Wynn Palace property and will open the resort's second hotel, 천안 출장안마 Wynn Las 충청남도 출장마사지 Vegas.

    BalasHapus